Cara Menginstall Debian Server di Virtualbox


Oke gais, sebenernya gua udah lama ga buka blog dan pas  gua buka, gua pengen ngeupload sesuatu. Dan berhubung blog ini adalah blog pelajaran so gua upload joobsheet gua nginstall debian server. Dan sebenernya ada sih videonya di youtube ya kalo mau liat mah liat aja ga ada salahnya sih kalo kalian masih bingung dengan joobsheet gua.
1.       Kalian buka virtualbox dan buatlah seperti yang saya ketikkan di bawah ini. Terserah sih, namanya mau apa sesuai selera dan keinginan kalian aja oke.

2.       Kemudian, kalian pilih iso debian yang biasa kalian pakai. Kalian harus udah punya isonya ya.

3.       Ketiga, kalian installnya pilih yang atas. Biar yang keinstall yang server bukan yang desktop oke lanjut.

4.       Kalau udah yang tadi, kalian sekarang pilih bahasa. Terserah kalian mau pake bahasa apa. Ya kalo inggris mah aku masih noob dan yahh gitu deh nanti malah ga ngerti harus mencet atau melakukan apa gitu.. oke nextt...

5.       Nah, setelah melaakukan step ke 4. Sekarang kalian ketikkan server DNS. Kalian boleh ketikkan nama kalian saja atau terserah kalian oke.. jebret nextttt....

6.       Abis step ke lima, kalian ketikkan nama host kalian yang mau dan sesuai selera kalian. Kalo aku sih ya nama aku aja kayak tadi ya.

7.       Abis ngetikkin si nama hostnya dan sekarang kalian ngetikin nama domainnya pake .com .net .edu atau yanglain oke mancawww...

8.       Nah, langkah ke delapan adalah ngetikkin nama alias passwordnya. Aku sih password yang gampang diingat aja ya guyssss...

9.       Kesembilan, kalian kasih nama untuk nama pengguna baru. Boleh sama atau tidak terserah kalian tapi aku  sukanya yang sama supaya ga lupa dan ga ribet juga sih oke..

10.   Nama untuk akun aku, aku samain kayak nama tadi ya. Kan aku bilang aku sukanya yang sama, supaya ga ribet..

11.   Kemudian, kalian kasih nama baru unntuk akun kalian yaang baru, kan tadi akuu sudah bilang kalau aku ga suka yang ribet makannya akukasih namanya yang sama ya  oke.

12.   Keduabelas. Kalian pilih yang paling atas aja karena kita tinggal di daerah wib dan kalau kalian yang tinggaal di daerah yang bukan wib bisa menyesuaikan saja ya oke lanjut capsus jebret..

13.   Kalian pilih saja yang paling atas oke. Ya karena aku diajarinnya yang paling atass dan aku gak tau kalo misalnya masukkin yang lain bakalan terjadi apa itu aku gak tau.

14.   Nah, setelah kalian melakukan step ke 13 kalian melakukan step ke 14 dan kemudian enter saja oke. Lanjut ke langkah 15 cusss....

15.   Kelimabelas, kalian pilih yang paling atas saja, karena saya diajarinnya milih yang paling atas.

16.   Keenambelas, kalian cukuo menekan enter .

17.   Kalian pilih ya.

18.   Mmm untuk yang satu ini kalian pilih ya, karena kita akan masukkin dvd 2 dan dvd3 biaar banyak oke cusss....

19.   Kesembilaanbelas, kalian klik piranti dan pilih dvd 2 lalu pilih unmute dan lanjutkan

20.   Lanjutnya unmount

21.   Keduapuluhsatu, tadikan untuk yang dvd2 sekarang dvd yang ketiga. Langkahnya kalian bisa ulangi sperti dillangkah sebelumnya. Tapi masukkan yang dvd3 oke neeixxtt...

22.   Pilih lanjutkan aja oke... setelah kalian mengubah dvd3 ke dvd1 karena sesai perintahnya.

23.   Langkah sebelumnyakan disuruh buat mengganti dvd3 ke dvd1 nah kalian pastiin ceklisnya udah di dvd1 belum. Kalo udah di ya atau dilanjutkan aja trus unmount aja kea tadi yeee.......

24.   Kalo sekarang, masukkin dvdnya sesuai  perintah aja ya. Soalnya aku rada lupa ini disuruh masukkin dvd ke berapa makanya aku bilang masukkin sesuai perintah aja oke. Nexit..

25.   Dan dan dan kalian pilih tidak jika perintah ini muncul di laptop kalian. okkkk............

26.   Duapuluhenam, kalian bintangin yaang bawah aja. Yang lainnya kalo ada tanda bintangnya kalian bisa hapus dengan keyboard spasi.

27.   Duapuluhtujuh , ahirnya udah nyampe di step ke 27. Kalian pilih ya aja oke.

28.   Keduapuluhdelapan. Step terakhir,,, kalian tinggal pilih lanjutkan aja dan tampilannya bakalan kaya di step di 29

29.   Keduapuluhsembilan.... daaaaaaaaaaaaaaaaannnn selesaaaaaaaaaaaaaiiiiiii




Komentar