Coding C++ Penjualan Baju Onine H/A/C Menggunakan CodeBlocks Atau GDBOnline

Hai teman-teman jumpa lagi dengan aku, pastinya di blog aku. Sesuai judul, kali ini aku bakalan ngasih tutorial cara membuat program C++ penjualan baju online H/A/C menggunakan aplikasi CodeBlocks atau debugger online yaitu GDB online. Tapi kali ini, aku bakalan praktekin di CodeBlocks, karena aku suka menggunakan CodeBlocks. Namun, jika teman-teman menggunakan GDBOnline silahkan saja, karena kode pemrogramannya hampir sama dengan CodeBlocks.

Yuk langsung ke tutorialnya~~

Sebelumnya, kita harus mengetahui bahwa pada kasus ini adalah penjualan baju online, yang dimana setiap baju memiliki merk dan harga yang berbeda-beda. Nah, untuk itu kita akan menggunakan fungsi IF Else untuk kasus ini. Dan rincian untuk merk dan harga masing-masing baju adalah sebagai berikut.

1. H=H&R 
2. A=Arrow
3. C=C59

Untuk rincian harga setiap baju serta PPN yang dikenakan

1. H&R = 850000
2. Arrow= 900000
3. C59 = 1500000
4. PPN 10% beraku jika pembelian baju lebih dari 3 items.

Oke, sekarang kita lanjut untuk menuliskan kode pemrogramannya~~


Langkah pertama, membuka aplikasi CodeBlocks dan kita klik 'File-NewProject'


Selanjutnya, teman-teman klik 2x pada bagian console aplication. Yaitu seperti yang sudah aku kotakin warna merah.


Selanjutnya, teman pilih c++ dan kemudian klik next.

Setelah itu, teman-teman beri nama 'TokoBajuOnlineHAC' kemudian klik next. Nama bersifat optional ya teman-teman.

Lanjut, pada bagian ini tidak ada yang perlu diubah-ubah. Teman-teman tinggal klik finish saja.

Setelah seperti ini, teman-teman tinggal mengetikkan kode pemrograman ya.

Lanjut ke kode pemrograman. Teman-teman langsung ketikkan saja kode pemrograman seperti berikut.



Jika sudah, langkah selanjutnya adalah merunning program. Dengan cara mengklik tombol yang sudah saya kotakan warna merah ya teman-teman.


Maka, jika sudah akan tampil tampilan seperti ini.

Nah, untuk bagian ini aku akan membeli baju dengan kode H dan aku akan membeli sebanyak 4 buah.

Untuk merk baju dengan kode H adalah H&R dan harga persatuan baju adalah 850000, kemudian ditambah PPN sebesar 10% yaitu 85000 jadi total yang harus saya bayar adalah 3485000. 

Nah, itu tadi tutorial membuat program C++ penjualan baju online H/A/C menggunakan aplikasi CodeBlocks. Untuk teman-teman juga bisa melihat diyoutube aku dengan cara mengklik tautan ini. Dan teman-teman juga bisa langsung mengakses program ini dengan cara mengklik tautan ini.

Terimakasih teman-teman yang sudah mau mampir ke blog aku, telah membaca dan meluangkan waktunya. Salam sehat dan sukses bagi kita semua. Sampai ketemu di postinganku selanjutnya ya teman-teman. 


Terimakasih...



Komentar