Tutorial||Cara Membuat Tampilan Sederhana di Netbeans menggunakan Java

 Hai teman-teman balik lagi di blog aku kali ini. Sesuai dengan judulnya aku akan membuat tampilan sederhana di aplikasi Netbeans menggunakan bahasa Java. 

Jadi, pada kasus kali ini kita akan membuat tampilan yang ada button, text field serta label. Cara kerja program ini adalah jika kita mengetikkan sesuatu di bagian text field, kemudian kita klik bagian button. Maka pada bagian text field akan muncul tulisan "Selamat datang di issekai".

Baik, langsung saja kita move ke tutorialnya~~

Langkah pertama dan yang paling utama adalah membuka aplikasi netbeans. 

Kemudian, teman-teman pilih 'file-new project'


Selanjutnya, teman-teman pilih 'Java-Java Aplication' kemudian teman-teman klik next.


Berikutnya, adalah memberi nama pada project yang teman-teman inginkan. Misalnya di sini saya membuat project 'blog' karena, project ini akan aku gunakan untuk keperluan blog aku. Jika teman-teman menginginkan memberi nama seperti 'TI-21-A' atau untuk keperluan kampus/sekolah silahkan saja. Kemudian teman-teman klik next.


Maka, tampilan akan langsung berubah seperti ini.


Lanjut. Kita akan membuat kelas di dalam project blog dengan cara mengklik kanan project blog. 'New-JFrameForm' 


Selanjutnya adalah memberi nama pada kelas tersebut dengan nama 'Latihan1' sebenarnya nama adalah optional saja ya teman-teman.  Kemudian klik next.


Selanjutnya, kita akan membuat tampilan seperti ini. 


Nah, selanjutnya kita akan edit tampilan itu menjadi seperti ini.

Caranya adalah mengklik kanan, kemudian edit text.


Kemudian, kita akan mengubah variabel name pada text field dan button dengan nama 

Untuk Text Field = txt_pesan

Untuk Button = btn_txt

Caranya adalah dengan mengklik kanan bagian Text Field/Button dan pilih 'Change Variabel Name'.


Kemudian ganti menjadi seperti ini.



Selanjutnya. Double klik pada bagian button. Dan kita akan memasukkan kode pemrograman seperti berikut ini.


Selanjutnya, kita akan merunning program dengan cara mengklik kanan tampilan codingan kemudian klik run file.


Maka, akan muncul tampilan seperti ini.


Aku akan memasukkan tulisan 'Hai selamat datang di blog aku' kemudian akan aku klik tombol 'Submit ya teman-teman.


Tampilan setelah aku klik tombol submit akan seperti ini.


Oke, sudah berhasil teman-teman kita membuat tampilan sederhana di Netbeans menggunakan Java.

Oh iya, jika penjelasan aku kurang jelas, teman-teman bisa mengklik tautan ini. Untuk melihat penjelasannya di youtube aku. Teman-teman juga bisa mengakses program ini dengan mengklik tautan ini.

Itulah tutorial cara membuat tampilan sederhana di Netbeans menggunakan bahasa Java teman-teman. Terimakasih sekali lagi sudah menyempatkan mampir di blog aku dan membaca blog aku. Salam sehat dan salam sukses bagi kita semua. Sampai ketemu di postingan blog aku berikutnya ya teman-teman.


Terimakasih...

Komentar